/Festival perdana Media Kampus UNINDRA

Festival perdana Media Kampus UNINDRA

LPM Progress – Unit Kegiatan Mahasiswa, Media Kampus Unindra telah mengadakan “Festival Jurnalistik 2016” yang diselenggarakan pada hari Minngu, 21 Februari 2016, Parkiran Kampus B Unindra, Kampung Gedong. Festival Jurnalistik ini adalah festival besar perdana yang diadakan oleh Media Kampus, demi memperingati Hari Pers Nasional.
Rosalinda selaku ketua pelaksana mengatakan, ”Hari Pers Nasional udah jarang banget yang memperingati, bahkan selaku pewarta pun ada yang tidak mengingat kapan hari pers nasional itu diadakan. Maka dari itu, Media Kampus selaku pers mahasiswa mencoba memperingati dengan mengadakan acara Festival Jurnalistik.” Festival ini mengangkat tema “sisi yang terlupakan” karena Hari Pers Nasional merupkan salah satu sisi yang terlupakan dari masayrakat dan pewarta sendiri.

Banyak partisipasi dalam acara ini. Mulai dari siswa SMA, mahasiswa Unindra, mahasiswa luar Unindra, LPM dan masyarakat umum. Sebelumnya memang diadakan lomba jurnalistik yang terbuka untuk umum, karya-karya mereka, seperti foto jurnalistik dan pameran madding 3D ini lah yang dipamerkan dalam festival jurnalsitik.

Selain ada pameran, terdapat juga bazar dari berbagai kalangan. Mulai dari luar bahkan mahasiswa Unindra sendiri ikut serta dalam bazar tersebut. Selain itu ada acara musik yang dimeriahkan oleh band-band yang berpartisipsi untuk menghibur pengunjung.
“Pendapat saya tentang festival ini luar biasa, cukup menghibur, saya sebagai mahasiswa sini cukup bangga, pertama kalinya ada acara sebesar ini. Untuk kenyamanan sih nyaman-nyaman aja. Cuma harusnya di bazar ada yang jualan makanan berat, soalnya kantinnya jauh dan pada tutup. Trus kalau bisa tahun depan bisa ngundang artis-artis ternama,” tutur Wildan selaku pengunjung.

Festival ini, selain diisi oleh acara bazar, pameran karya lomba dan acara musik juga diisi dengan acara bedah buku serta workshop fotografi jurnalistik. Bedah buku mengangkat tema “Misteri Kematian Tan Malaka” yang diisi oleh pembicara Ismantoro Dwi Yuwano, sedangkan untuk workshop jurnalistik sendiri diisi oleh dosen DKV Unindra, Ibu Wulandari. Acara bedah buku dan workshop ini diselenggarakan di Kampus A, Ranco.

Heri Juwandi, selaku ketua umum Media Kampus, mengatakan bahwa ia sangat antusias dalam mengadakan acara ini. Acara sebesar ini pertama kalinya diadakan Media Kampus bahkan mungkin pertama kalinya di Unindra. Beberapa Ormawa lain pernah mengadakan festival juga, namun belum pernah mengadakan acara festival sebesar ini. Dari Lembaga sendiri sangat mendukung acara ini, karena acara ini sangat positif bagi lembaga, selain memperkenalkan Unindra ke masyarakat umum, juga mempromosikan Unindra kepada siswa SMA yang memasuki jenjang perkuliahan. Namun walaupun begitu, sebelum acara ini dilaksanakan banyak yang merasa pesimis dengan acara sebesar ini. Belum lagi banyak kendala yang dihadapi, seperti kurangnya pematangan konsep, naik turunnya semangat panitia, kurang gencar nya promosi untuk acara festival, dan lagi perencanaan untuk festival ini hanya sebulan.
“Panitia benar-benar harus kerja ekstra untuk acara ini, dan akhirnya acara ini pun dapat terlaksana dengan cukup baik. Salut untuk semua pantia,” ujar Heri Juwandi.

Ketua pelaksana, Rosalinda menambahkan, ”Saya sangat optimis, bahkan ketika semua orang pesimis saya selalu optimis dengan acara ini. Ada ketua umum MK yang selalu menyemangati dan percaya bahwa kita semua bisa dan mampu.”
Seluruh panitia dan ketua saling bahu membahu untuk suksesnya acara ini. Berbagai kendala sebelum acara diselesaikan hingga acara ini berjalan lancar hingga akhir. Harapan mereka semoga acara ini tidak hanya sampai disini saja, dan kedepannya bisa lebih sukses lagi dengan persiapan yang lebih matang.

(nandya)

 

Be Sociable, Share!