/AKSI RIBUAN BURUH BERLANGSUNG DAMAI

AKSI RIBUAN BURUH BERLANGSUNG DAMAI

JAKARTA – LPM Progress, Hari Buruh Internasional atau yang sering di sebut May Day yang tepat jatuh pada tanggal 01 Mei selalu diperingati buruh seluruh dunia, terkhusus di Indonesia tidak pernah terlewatkan oleh seluruh serikat pekerja se Indonesia bahkan bukan hanya serikat pekerja saja yang turun ke jalan mengeluarkan berbagai tuntutan nya namun dari serikat mahasiswa dan pemuda juga ikut serta dalam May Day tahun ini, Minggu (01/05/16).

Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI) melakukan long march dari patung kuda menuju depan Istana Negara. Tepat di depan Istana Negara KPBI melakukan aksi dengan melakukan Treatikal yang dibawakan oleh serikat buruh, mahasiswa, dan pemuda. Treatikal berlangsung sangat hikmat di depan Istana Negara, bukan hanya KPBI saja yang melakukan aksi secara damai dengan Treatikalnya namun dari elemen lain seperti Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) juga melakukan aksi secara damai di depan gedung Mahkamah Agung (MA).

Dengan orasi yang membara dari para orator unjuk rasa KSPI berjalan dengan penuh semangat dengan iringan lagu – lagu KSPI. Pandangan yang tidak lazim dari para massa aksi dengan polisi, seusainya melakukan unjuk rasa di depan gedung MA sebelum massa aksi membubarkan dirinya sebagian dari massa aksi bersalaman dengan para polisi penjaga jalanya unjuk rasa.

May Day tahun ini berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, seusainya mereka melakukan aksi disekitaran Tugu Monumen Nasional ( MONAS) para demonstrans langsung menuju Gelora Bung Karno ( GBK ) untuk mengikuti serangkaian acara Deklarasi Ormas Rumah Rakyat Indonesia dan ini adalah puncak May Day tahun 2016.

Deklarasi Ormas Rumah Rakyat Indonesia ini merupakan kekuatan politik untuk buruh Indonesia, wujudkan Indonesia baru, Indonesia kita bukan hanya Indonesia kamu. Acara yang dimulai sekitar pukul 13.00 WIB di stadion GBK dihadiri ribuan orang dari berbagai elemen masyarakat. Acara juga di meriahkan oleh Merjinal dan grup Band Gigi dengan membawakan beberapa lagu di akhir acara.   (ayusm/lulu)

Foto : aksi treatikal KPBI (dede)
Foto : aksi treatikal KPBI (dede)
Foto : sebelum massa aksi membubarkan diri (dede)
Foto : sebelum massa aksi membubarkan diri (dede)
 Foto (dede)

Foto (dede)
Be Sociable, Share!