/BERITA HOAKS KABUPATEN BOGOR KEMBALI MEMANAS

BERITA HOAKS KABUPATEN BOGOR KEMBALI MEMANAS


LPM PROGRESS – Kasus Berita Hoax di kabupaten Bogor menemui babak baru, setelah sejumlah pemuda dari kelompok Jaringan Pemuda dan Masyarakat Pemantau Kebijakan Publik (Jari Pemantik) mendatangi Kepolisian Daerah Jawa Barat POLDA JABAR, Kamis (10/1) dikordinir oleh Nazmudin, S.H. kedatangan kelompok tersebut bermaksud untuk mengadukan dan membuat laporan terkait berita Hoaks pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Daerah yang diadakan di Kabupaten Bogor pada Oktober lalu.


Pengaduan tersebut diterima oleh Unit Kriminal Khusus POLDA JABAR terkait dengan tindak pidana Undang-Undang Nomor 10 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
Setelah ditemui, Nazmudin,S.H. sebagai kordinator Jari Pemantik mengatakan pengaduan ini merupakan tindak lanjut dari kasus sebelumnya yang ramai diperbincangkan oleh masyarakat luas di kabupaten Bogor namun tidak ada tindakan tegas terhadap permasalahan dari segi hukum dan penindakan kasus tersebut.


Nazmudin,S.H. menambahkan penegakan hukum harus tetap dilaksanakan terhadap pihak-pihak terkait terhadap kasus berita Hoaks untuk menciptakan rasa keadilan di masyarakat karena terhadap kasus tersebut sungguh jelas masyarakat dirugikan terkait informasi yang beredar dan tidak bisa dipertanggung jawabkan.


Berawal dari kabupaten Bogor yang menerima amanah sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Daerah ke XIII tahun 2018. Dengan mengemban kepercayaan tersebut pemerintah kabupaten membuat acara pembukaan Pekan Olahraga Daerah JABAR ke XIII tahun 2018 dengan sangat meriah dengan menyajikan para bintang tamu penyanyi yang sangat terkenal. Diantara penyanyi tersebut adalah penyanyi religi yaitu Nissa Sabyan.


Acara tersebut diadakan di Stadion Pakan Sari. Namun penembang Atouna Toufulli tidak hadir ataupun tampil dalam acara tersebut, padahal panitia acara tersebut telah menyebarluaskan informasi dan berita melalui media cetak maupun elektronik tentang penampilan artis Nissa Sabyan setelah, selesai acara tersebut melalui account Instagram resminya sabyan_gambus mengkonfirmasi bahwa manajemen Nissa Sabyan tidak pernah ada agenda show dalam acara tersebut dan Nissa Sabyan tidak ada kontrak untuk melakukan penampilan pada acara pembukaan Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat ke XIII di stadion Pakan Sari.


Sebenarnya kasus berita Hoaks di kabupaten Bogor sangat ramai diperbincangkan bahkan banyak unsur masyarakat yang turun kejalan untuk menuntut pemerintah kabupaten Bogor bertanggung jawab terhadap permasalahan tersebut. Namun lambat laun permasalahan tersebut tenggelam bersama waktu tidak ada pembahasan permasalahan itu lagi, sehingga mengakibatkan gantungnya kepastian hukum dalam penyelesaian masalah tersebut.


Permasalahan berita Hoaks sesungguhnya menjadi agenda penting bagi pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah dalam penanganan dan pemberantasannya karena dapat menimbulkan keresahan dan kerugian di masyarakat luas. Seperti kasus yang menimpa masyarakat kabupaten Bogor terkait berita Hoaks pada tahun lalu.
Semoga berita-berita Hoaks yang berujung pada kerugian kepada masyarakat dapat diatasi dan ditindak tegas oleh aparat penegak hukum untuk menciptakan keyakinan kepada masyarakat terhadap keseriusan aparat penegak hukum untuk memberantas berita Hoaks.

(Pers Release – Denny Nurdiana)

Be Sociable, Share!