/Kolaborasi Satu Data dan AJI, Luncurkan Platform Jurnalismedata.id untuk Meminimalisir Hoax

Kolaborasi Satu Data dan AJI, Luncurkan Platform Jurnalismedata.id untuk Meminimalisir Hoax

LPM Progress – Selasa (05/02/2019) Talkshow dan Launching Platform Jurnalismedata.id, bertempat di Hotel Mercure Sabang Jl. H. Agus Salim No. 11, Gambir, Kota Jakarta Pusat.

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bersama dengan Satu Data Indonesia meluncurkan sebuah platform jurnalismedata.id, di Jakarta, dalam acara
Talkshow dan Launching Platform jurnalismedata.id.

Di era digital ini, jumlah pengguna internet di Indonesia sendiri meningkat pesat mencapai 175 juta ini tahun 2019. Pesatnya kemajuan teknologi komunikasi digital juga mendorong adanya perubahan besar yang mempengaruhi media informasi.

Perkembangan di era digital ini juga menjadi jembatan penghubung yang memudahkan semua orang dalam mencari berita atau informasi yang meraka butuhkan. Tetapi, tidak sedikit informasi atau berita yang didapat justru menyesatkan karena tidak memiliki data yang akurat.

Masalah data Hoax yang marak tersebar di era ini juga menjadi tantangan tersendiri untuk para Jurnalis Indonesia untuk menjadi sumber yang dapat di percaya dalam menyampaikan informasi sesuai dengan datanya

Dok. Progress/Yazid Fahmi

Ketua Umum (Ketum) AJI Indonesia, Abdul Manan mengatakan, digitalisasi merupakan perkembangan yang tak terhindarkan, termasuk oleh jurnalis dan media. Sehingga jurnalisme data menjadi relevan untuk dikembangkan.

Selain menjadi penyedia data dari berbagai sumber, dan wadah untuk belajar jarak jauh (e-learning) jurnalisme data, platform ini juga menjadi alat atau tools yang diharapkan ampuh untuk melawan Hoax, misinformasi, dan disinformasi.

Di sisi lain, penyebaran berita Hoax, misinformasi, dan disinformasi juga semakin mudah dilakukan oleh siapapun. Oleh karenanya, jurnalisme data menjadi salah satu tawaran untuk menjawab tantangan tersebut.

“Cara melawan informasi palsu dengan jurnalisme data,” kata Manan dalam Talkshow dan Launching Platform jurnalismedata.id.

Sementara, Deputi II Staf Kepresidenan RI, Yanuar Nugroho juga berharap, melalui peluncuran laman tersebut, dapat membantu Kementerian dan lembaga-lembaga Negara agar dibantu untuk menguatkan data yang mereka miliki.

Menurutnya, jurnalisme yang berbasis data ini, tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan baku pengambilan keputusan, namun juga pembuatan kebijakan pembangunan, yang bisa langsung diawasi juga oleh publik melalui jurnalisme data ini.

(Fashadillah, Selly)

TAGS:
Be Sociable, Share!