/“Mencintai Sapardi dengan Sederhana” di acara puncak festival literasi Uhamka

“Mencintai Sapardi dengan Sederhana” di acara puncak festival literasi Uhamka

LPM Progress,- Acara puncak festival literasi Uhamka mendatangkan langsung pujangga terkemuka Indonesia dengan tema “Mencintai Sapardi dengan Sederhana” bertampat di Aula Ahmad Dahlan Gedung A kampus FKIP UHAMKA, Jumat (24/3).

“Sederhana itu banyak dimaknai dengan, terserah seperti apa?” jelas Sapardi ketika ditanyai tentang salah satu karya puisinya yang berjudul “Aku ingin” yang juga bait puisinya dijadikan tema acara.

Sapardi Djoko Damono dikenal dengan puisi-puisinya yang menggunakan kata-kata sederhana, puisinya yang terkenal sampai saat ini : Hujan Dibulan Juni dan Aku ingin .
Tak hanya itu, acara ini  juga  dihadiri oleh Hasan Aspahari yang pada tahun 2016 mendapat penghargaan sebagai Buku Puisi Terbaik saat peraayaan Hari Puisi Indoneseia.

Menurut Sapardi untuk membuat sebuah karya puisinya ia mendapatkan inspirasi dari semua orang, dari mengobrol, bahkan saat membaca koran.

*Pemberian penghargaan

Setelah acara talkshow bersama Sapardi, dilanjutkan pemberian apresiasi hadiah pemenang perlombaan dalam literasi tahun 2017 kali ini.

Beberapa lomba yang diselenggarakan yakni : Lomba Menulis Cerpen dimenangkan oleh Rizki Dyah Purnama asal Institut Teknologi Bandung (ITB), Lomba membaca Puisi dimenangkan oleh Nuriski Fitri asal Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Lomba Monolog dimenangkan oleh siswi asal SMA 2 Depok, dan Lomba Musikalisasi Puisi yang berhasil dimenangkan oleh SMK Al- Hidayah Lestari.

Rama sebagai ketua pelaksanaan literasi kampus Uhamka tahun 2017 mengungkapkan bahwa acara ini pelan-pelan menyadarkan kita bahwa sastra itu penting.

Ia juga menambahkan pemilihan Sapardi Djoko dan Hasan Asphari sebagai narasumber untuk mencari momentum. Sebagai puncak acara dan penutup dilakukan pemotongan tumpeng untuk Sapardi Djoko yang beberapa hari lalu tengah merayakan ulang tahunnya. (Elisa)

Be Sociable, Share!