/“Mengembangkan Bakat Kepemimpinan” Di Latihan Kepemimpinan Mahasiswa

“Mengembangkan Bakat Kepemimpinan” Di Latihan Kepemimpinan Mahasiswa

Lpm Progress- Ketiga Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM F) Universitas Indraprasta PGRI secara serentak mengadakan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) pada Jumat (01/4) hingga Senin (03/4).

Pelepasan peserta LKM di Kampus A Universitas Indraprasta PGRI dihadiri Ketua umum BEM Universitas Indraprasta PGRI “Dengan adanya pelatihan ini, kalian di didik sebagai pemimpin dan kalian mendapatkan ilmu pengetahuan bagaimana memimpin dan begaimana memanajemen waktu. Jaga nama baik almameter kampus dan selalu mengikuti peraturan yang diberikan oleh kakak seniornya” pesan Soeleman kepada peserta LKM.

Total peserta yang mengikuti LKM ini ada 279, terdiri dari 90 peserta FBS, 90 peserta FIPPS, dan 99 peserta FTMIPA.

Latihan Kepemimpinan Mahasiswa rutin diadakan setiap tahunnya, kali ini
Pelatihan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial (FIPPS) berlangsung di villa ATO, Depok. Sedangkan untuk Fakultas Teknik, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (FTMIPA) diadakan di LBSM Pondok Pandawa, parung, Bogor. Serta Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) berlangsung di Villa Botani Bogor.

Berbeda dari LKM sebelumnya, tahun ini setiap fakultas memiliki tema tersendiri seperti FIPPS dengan tema “Mengembangkan Karakter Kepemimpinan Berlandaskan Tridarma Perguruan Tinggi”.
FTMIPA dengan tema “Mengembangkan Jiwa Kepemimpinan yang Berkarakter dan Bertanggung Jawab”.
FBS dengan tema ”Memajukan Generasi yang Kritis dan Amanah Berlandaskan Jiwa Kepemimpinan yang Kompeten”.

Tema dari LKM yang diadakan FIPPS kali ini bertujuan agar mahasiswa tahu akan tugas pokok mahasiwa perguruan tinggi (tridharma) yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian  masyarakat. “Kita ingin disini, di LKM mereka tahu hal itu dan mereka bisa menjadikan itu sebagai acuan mereka dalam bertindak, dalam proker-proker mereka sehingga ada dasar yang kuat” ucap Iqbal ketua pelakasana LKM FIPPS.

Dari FBS sendiri kegiatan LKM ini betujuan Memajukan generasi kritis dan amanah berlandaskan jiwa kepemimpinan yang kompeten. “Menurut saya di FBS sudah kritis dan berani mereka akan di latih lagi untuk lebih logis lagi dan menggunkan otak mereka” ujar Melda Sabriyanti selaku ketua pelaksana LKM FBS.

Sedangkan untuk FTMIPA kegiatan LKM ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan dari peserta yang mengikuti kegiatan LKM. “Karena saya percaya setiap orang sudah diberikan kemampuan untuk memimpin dan serta memiliki karakter dan bertanggung jawab” tutur Noval Syarif Hidayatullah selaku ketua pelakasa LKM FTMIPA.

Konsep Pelatihan yang diberikan oleh ketiga fakultas ini hampir serupa, yaitu pemeberian materi dan pemberian simulasi yang tentu saja dilaksanakan sesuai metode dari masing-masing fakultas.

Kegitan yang diyakini 99% dapat mengembangkan jiwa pemimpin ini memiliki jangka waktu persiapan 1 sampai 2 bulan sebelum kegiatan berlangsung, dalam persiapan kegiatan yang memiliki skala cukup besar ini bukan tidak memiliki kendala, salah satunya kendala dalam peminjaman sarana dan prasarana di bagian biro Unindra dikarena acara yang serentak dilaksanakan bersama.

Dalam pelakasanaan kegiatan ini ditinjau langsung oleh Lembaga Unindra, Badan Eksekutif Mahasiswa Tingkat Universitas dan Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI.

Selepas LKM ini peserta diharapkan akan bisa menjadi kader dari Unit Aktivitas Progam Studi di Fakultas nya masing-masing dan akan dipantau dan dinilai untuk dapat bisa masuk kepengurusan atau akan disertakan di Latihan Keterampilan Menejemen Mahasiswa (LKMM) yang menjadi syarat untuk bisa menjadi kepengurusan BEM U ataupun BEM F selanjutnya.(Rama/Del/Ikbal)

Be Sociable, Share!