/Meningkatkan minat melalui Festival Literasi UHAMKA

Meningkatkan minat melalui Festival Literasi UHAMKA

Lpm Progress- Membaca dapat membuka jendela dunia, Ketika jendela dunia sudah terbuka, masyarakat akan dapat melihat keluar, sisi-sisi apa yang ada dibalik jendela tersebut sehingga cara berpikir masyarakat kita akan maju dan menuju ke zona kesejahteraan.

Jakarta (7/3), Rendahnya minat baca di Indonesia akan berpengaruh terhadap kualitas bangsa. Dalam hal ini mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Uhamka berinisiatif untuk meningkatkan minat baca di kalangan pelajar dengan mengadakan festival literasi uhamka. Acara ini di maksudkan untuk meningkatkan minat baca di Indonesia, karena bangsa kita menempati peringkat 1 terbawah minat baca, hal ini akan berdampak negatif bagi kualitas bangsa Indonesia, ujar rama selaku mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia sekaligus ketua pelaksana festival literasi uhamka.
Ia ingin mengajak kawan-kawan khusus nya dalam mahasiswa pendidikan sastra dan bahasa ber inisiatif untuk mendobrak mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra agar mau membaca. melihat dari segi pendidikan bahasa, Indonesia telah melahirkan sastrawan ternama seperti Abdul Muis, Hamka, Ike Soepomo, Kuntowijoyo, dan masih banyak sastrawan lainnya.
Dalam festival literasi ini banyak sekali rangkaian acara seperti menampikan lomba bahasa dan kesustraan, seminar nasional, workshop program kreativitas mahasiswa, bedah buku, kamis nyastra, dan puncak acara festival literasi uhamka.
Sebagai puncak acara yaitu seminar nasional dengan tema “Mengoptimalkan internasionalisasi bahasa Indonesia melalui pendidikan dan sastra” dengan pemateri Sapardi Djoko Damono dan Hasan Asphani.
Menurut Rama, Sebetulnya Indonesia memiliki banyak penulis yang karyanya telah melanglang buana ke berbagai negara seperti Eka Kurniawan, kemudian ada Sapardi, salah satu penulis dan penyair Indonesia yang puisi-puisi atupun novel nya di terjemahkan ke banyak bahasa, itu merupakan prestasi yang membanggakan.
Melihat dari segi prestasi sastra Indonesia menunjukkan memiliki masa depan cerah, dan memungkinkan bahasa Indonesia bisa di terapkan di ASEAN.(Panguji Ikbal)

Be Sociable, Share!