/Minimnya Jumlah Toilet Kampus

Minimnya Jumlah Toilet Kampus

LPMProgress – Toilet merupakan salah satu sarana sanitasi yang paling vital bagi penggunanya. Sarana toilet umum sangat penting bagi orang yang berpergiaan dari rumah. Oleh sebab itu, kebersihan toilet umum sebisa mungkin harus memenuhi Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS). Toilet juga merupakan tempat yang paling cepat dimana kuman-kuman berkembang, apalagi jika dilihat dari pengguna toilet umum ini  berasal dari berbagai kalangan yang beragam pula.

Gambar: Para mahasiswa yang menunggu antrian di toilet umum kampus.

Namun, kondisi ini sangat berbanding terbalik jika dilihat dari toilet umum di Kampus Universitas Indraprasta PGRI Kampung Tengah-Gedong, Jakarta Timur, Sabtu (21/11). Salah satu mahasiswa Irma Susilawati (20) memaparkan jumlah toilet umum di kampus tidak sebanding dengan kapaitas jumlah mahasiswa yang ada. Dengan jumlah mahasiswa ribuan orang, toilet umum sangat minim sekali. Minimal disetiap gedung mempunyai toilet umum paling sedikitnya, enam pintu  dimasing-masing gedung kampus tersebut.

Hal ini sangat merugikan beberapa mahasiswa di Kampus Universitas Indraprasta PGRI (Unindra). Khususnya di toilet umum yang digunakan oleh mahasiswi.

“Menurut saya, fasilitas di toilet umum ini sangat minim. Seperti; kurangnya cermin disetiap toilet yang tersedia, kurangnya pengharum kamar mandi, serta jumlah kapasitas air yang tersedia.” Irma Susilawati, melanjutkan.

Dengan begitu, kedepannya lagi diharapkan kampus Indraprasta PGRI (Unindra) menambah jumlah kapasitas toilet umum. Agar bisa seimbang dengan jumlah mahasiswa yang ada. Memperbaiki lagi tingkat kebersihannya. Serta, menambahkan cermin disetiap toilet wanita, sebagai alat penunjang.

(lismiati)

Be Sociable, Share!