/Penghijauan dan Pengaplikasian Ilmu Kealaman Dasar oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia.

Penghijauan dan Pengaplikasian Ilmu Kealaman Dasar oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia.

LPM Progress-Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Indraprasta PGRI melakukan study tour ke Kebun Pengujian Dinas Pertamanan DKI Jakarta, Ciganjur, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pembelajaran lebih lanjut dari mata kuliah Ilmu Kealaman Dasar.

Penjelasan oleh Edi, Penanggung jawab lapangan di Kebun Pengujian Dinas Pertamanan DKI Jakarta

Berangkat pada pagi hari dengan menggunakan mini bus, mahasiswa yang tergabung dalam mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Indonesia semester awal (R1A) ini, terlihat sangat riang gembira untuk menjalani study tour.


Pemberangkatan study tour ini pada awalnya akan didampingi oleh dosen mata kuliah Ilmu Kealaman Dasar, namun karena halangan maka mahasiswa mengorganisir sendiri untuk kegiatan belajar tersebut.
Kegiatan study tour itu telah bekerjasama dengan Unit Aktivitas (Unitas) Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, namun tidak ada perwakilan Unitas yang turut serta dan mendampingi kegiatan ini.

Metode pembelajaran dengan cara study tour ini merupakan metode lama yang baru diterapkan kembali. Metode ini mengajarkan peserta didik untuk merasakan dan belajar langsung pada objek yang ada dalam lingkup study tour itu berada.

Menurut Huda, mahasiswa yang ikut dalam study tour itu bahwa pembelajaran ini adalah bentuk dari pencarian data untuk tugas yang diberikan oleh dosen Ilmu Kealaman Dasar. Di sana para mahasiswa diajarkan bagaimana cara untuk pengantongan tanah yang telah dicampur dengan pupuk dan sekam.

Mencoba pengantungan tanah yang sudah dicampur pupuk, sekam dan tanah

Selain itu para mahasiswa juga diajarkan beberapa hal yang berkaitan dengan tugas yang mengambil tema tentang Go Green, seperti cara memupuk; menyapu di rumput dengan benar; mencabut gulma; pemangkasan hingga cara stek tanaman-tanaman di sana.

“Ini kebanggaan buat kami, sebelumnya belum ada mahasiswa ataupun pemuda-pemudi yang datang ke sini untuk belajar. Juga sekaligus menjadi sebuah bentuk pengenalan terhadap bagaimana cara menanam dan melakukan pembibitan”. Jelas Sulistiawati, Penanggung Jawab Unit Pelaksana Kebun Pengujian Dinas Pertamanan DKI Jakarta, saat dimintai tanggapan tentang kunjungan yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI.

Kebun Pengujian Dinas Pertamanan DKI Jakarta, adalah kebun yang digunakan untuk membudidayakan tanamana-tanaman untuk kebutuhan taman-taman di Jakarta. Kebun yang memiliki luas 4,9 Ha ini menjadi tempat budidaya sejak 10 tahun lalu silam. Menurut Rina, selaku Kepala Unit Pelaksana Kebun Pengujian Dinas Pertamanan DKI Jakarta menyebutkan bahwa sebelumnya kebun itu hanya dijadikan tempat transit saja. Kebun yang dalam sehari memiliki target 2000 pembibitan ini memiliki sekitar 20 orang pekerja. Sedangkan pendistribusiannya sendiri berdasarkan data hingga bulan agustus 2018 sudah 900.000-an sekitar Jakarta.

Sebelum kegiatan berakhir, Rina sebagai Kepala Unit Pelaksana Kebun Pengujian Dinas Pertamanan DKI Jakarta memberikan sebuah wejangan tentang Ilmu Kealaman Dasar serta keterkaiatannya dengan tanaman. Meskipun sangat berbeda dengan program studi yang diambil, belajar untuk sesuatu hal yang baru haruslah tetap dilakukan, karena perjalanan sebagai mahasiswa masih panjang dan teruslah berproses setiap tahapnya.

(Wicaksono / Yazid Fahmi)

Be Sociable, Share!