/Semarak Seminar Festival Bulan Bahasa ke-7 UNINDRA

Semarak Seminar Festival Bulan Bahasa ke-7 UNINDRA

LPM Progress – Unit Aktivitas Fakultas Bahasa dan Sastra(Unitas FBS) Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) menggelar seminar dengan tema melestarikan budaya literasi bahasa dan sastra indonesia, Sabtu (12/11) di Gedung PGRI Jl. Nangka Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Ini adalah salah satu serangkaian acara festival bulan bahasa ke-7. Bahasa memang tidak lepas dari sastra dan literasi adalah kemampuan menulis serta membaca, budaya literasi yang dimaksud melakukan kebiasaan berfikir yang diikuti sebuah proses membaca dan menulis yang pada akhirnya dalam proses tersebut terciptalah sebuah karya.

“Seminar ini digelar, tujuan saya karena minimnya literasi bahasa, jadi saya ingin melestarikan budaya literasi dan bahasa di kampus itu sendiri” kata Sahrul selaku ketua pelaksana.

Kemeriahan acara seminar kali ini sangat menarik perhatian dikarenakan kedatangan pembicara dari kalangan pelaku sastra itu sendiri seperti Candra malik, Wira Nagara dan Endang Sulistjani selaku dosen Unindra.

Tampil sebagai pembicara Candra malik berpendapat bahwa “Sastra Seharusnya tidak terpisah dari lingkungan seperti yang diutarakan oleh WS Rendra, dan seharusnya sastra tidak bisa dipisahkan oleh lingkungan itu sendiri maka sebaiknya yg dilakukan mulai dengan menulis kehidupan kita sehari-hari.

Dalam seminarnya terdapat pula pementasan puisi serta apresiasi seni yang dibawakan oleh mahasiswa fakultas bahasa dan sastra unindra.
Acara seminar ini adalah puncak dari serangkaian acara festival bulan bahasa yang sudah di buka sejak tgl 28 oktober 2016 yang meliputi perlombaan monolog, cipta karya puisi dan duta bahasa yang sudah terlaksana terlebih dahulu.

Seminar kali ini disambut beragam oleh para peserta “Acara seminar kali ini menurun karena sebelum-sebelumnya di TMII taman anggrek dan terus terjadi pemindahan gedung.” ujar Fanny saufina.

Namun tanggapan berbeda diutarakan oleh selvi mahasiswi prodi bahasa semester 5, menurutnya “Seminar kali ini cukup ada peningkatan karya mengundang jebolan stand up comedy cuma kalau dari seminar keseluruhan gak jauh beda ada lebih dan kurangnya gitu”

“Dengan berakhirnya seminar ini maka berakhir pula Festival bulan bahasa ke-7 Unindra Diharapkan mahasiswa lebih peka lagi terhadap sastra indonesia dan lebih ditingkatkan lagi rasa keingintahuannya” Terang Anisa koordinator FBS.

Sahrul pun menambahkan, “Semoga acara berikutnya bisa lebih bagus lagi, lebih meriah lagi lebih berkesan dan intinya lebih kompak lagi kerjasma antar mahasiswa.

(jun/del)

 

Be Sociable, Share!