/Tahun depan UNINDRA buka perpustakaan baru di gedong

Tahun depan UNINDRA buka perpustakaan baru di gedong

Perpustakaan mempunyai peran penting di masyarakat. Di perpustakaan tersedia berbagai macam dan jenis informasi yang dapat dimanfaatkan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

Hal ini didukung dengan fungsi perpustakaan yang diutarakan oleh Andya Nur Cahyono sebagai Ses UPT Perpustakaan UNINDRA pada Rabu, 25/11/2015 bahwa fungsi pertama perpustakaan adalah merekam pengetahuan, perpustakaan sebagai tempat untuk mengakumulasi rekaman pengetahuan manusia pada jamannya, dengan tujuan untuk mengingat dan menyampaikan pengetahuan. Dengan adanya akumulasi pengetahuan muncul peluang untuk melakukan pendidikan dan melakukan penelitian.

Kedua, perpustakaan mempunyai fungsi pendidikan dan penelitian. Hasil pendidikan dan penelitian ditulis dalam bentuk buku, artikel dan sebagainya kemudian dikelola di perpustakaan untuk dapat digunakan kembali dalam proses pendidikan dan penelitian. Ketiga, perpustakaan berfungsi kebudayaan tempat untuk menyimpan hasil dari budaya masyarakat. Keempat perpustakaan berfungsi rekreasi yang dimaksud rekreasi disini adalah suatu proses yang dilakukan seseorang dalam menciptakan ide-ide baru atau menjadi kreatif kembali dari koleksi-koleksi yang tersedia di perpustakaan.

Ia juga menjelaskan bahwa perpustakaan di Unindra ini bukan hanya bermanfaat bagi mahasiswa Unindra, tetapi juga untuk semua kalangan masyarakat dengan ketentuan membuat kartu perpustakaan berdasarkan KTP yang dimiliki..

“Insyaallah tahun depan buka cabang baru di kampus gedong” ujar Andya. Menurutnya pembukaan cabang baru di kampus gedong, Jalan Raya Tengah Kelurahan Gedong Pasar Rebo Jakarta Timur disebabkan oleh salah satu faktor yaitu ruangan perpustakaan yang kurang luas sehingga kenyamanan dari masing masing pengunjung berkurang. Ditambah dengan banyaknya mahasiswa unindra yang hampir mendekati 32.000 mahasiswa.

Meskipun begitu tidak tertutup kemungkinan kepada pengunjung untuk meminjam buku. Buku-buku yang tersedia di perpustakaan unindra berasal dari 80% dibeli oleh Unindra sendiri dan 20% nya berasal dari sumbangan, baik sumbangan dari mahasiswa unindra sendiri maupun dari kalangan masyarakat.

Andya juga mengaku “Dalam peminjaman buku di Unindra dilakukan secara tertutup dalam arti pengunjung harus mencari judul buku yang diinginkan di katalog yang tersedia dikomputer, nanti akan ada petugas yang mencari judul buku yang diinginkan. Tetapi untuk Skripsi boleh dicari sendiri oleh mahasiswanya tetapi di baca di perpustakaan ini, bukan untuk dipinjam”.

(rahmi)

Be Sociable, Share!